Sabtu, 26 Februari 2011

Sistem Perekonomian



Sistem perekonomian saat ini mulai stabil setelah pada tahun 2010 adanya krisis global yang berawal dari turunnya perekonomian di amerika serikat yang berdampak pada seluruh dunia dan Indonesia juga termasuk salah satunya. Namun, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan Sistem Perekonomian tersebut?  Untuk lebih jelasnya, saya akan membahasnya secara lebih detail.

*Sistem Perekonomian
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. (Wikipedia)

*Macam-Macam system Perekonomian
            Didalam perekonomian, ada beberapa macam sistem yang terdapat didalamnya. Diantaranya sebagai berikut.

A. Sistem Perekonomian Liberalis
            Yaitu sistem dimana anggotanya diberikan kebebasan yang sepenuhnya(pemerintah tidak campur tangan dan mempengaruhi kegiatan ekonomi) untuk menentukan kegiatan ekonomi yang mereka inginkan.

B. Sistem Perekonomian Komando
            Yaitu sistem yang seluruh kegiatan ekonominya diatur oleh pemerintah pusat. Termasuk produksi, distribusi, konsumsi juga diaatur oleh pemerintah dari pusat.

C. Sistem Perekonomian Campuran
            Yaitu sistem yang merupakan salah satu jenis organisasi ekonomi yang ditandai dengan keikutsertaan pemerintah dalam mengatasi masalah ekonomi. Maksudnya, campur tangan pemerintah tidak sampai mendominasi kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pihak swasta.

D. Sistem Perekonomian Tradisional
            Yaitu sistem perekonomian yang dimana setiap keluarganya memproduksi sendiri barang-barang kebutuhannya. Maksudnya teknologi ini masih diatur sesuai dengan adat istiadat jadi, tingkat produktivitasnya masih rendah.

E. Sistem Perekonomian Indonesia
Yaitu suatu sistem yang menangani masalah perekonomian di Indonesia untuk dapat mengatur situasi perekonomian yang sesuai dengan kondisi perekonomiannya.

Setelah menjelaskan bermacam-macam system perekonomian, saya akan sedikit membahas tentang perekonomian Indonesia.

*Sistem Perekonomian di Indonesia
Indonesia, adalah suatu Negara yang menggunakan sistem perekonomian Pancasila . Yang artinya Indonesia menganut perekonomian yang sesuai dengan dasar Negara beserta asas-asas yang terkandung didalamnya.
Lalu mungkin akan timbul pertanyaan mengapa Indonesia mengambil Sistem perekonomian sendiri dan tidak memilih system perekonomian komando atau liberalis?? Jawabannya adalah karena Indonesia pada zaman dahulu pernah mencoba semua jenis system perekonomian, namun dianggap tidak ada yang sesuai dengan kondisi perekonomian Indonesia pada saat itu. Dan akhirnya Indonesia memutuskan untuk menggunakan Sistem Perekonomian Pancasila.

INDONESIA saat ini telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan perekonomian diindonesia dengan cara misalnya KUR (kredit usaha rakyat) yang berguna untuk masyarakat yang tidak memiliki modal untuk bekerja dengan sistem perkelompok. Selain itu, berita terbaru mengabarkan bahwa Indonesia memiliki rencana akan menarik pajak yang lumayan besar bagi perfilman Hollywood yang akan tayang di Indonesia. Otomatis jika hal itu terjadi, devisa Negara akan meningkat, begitu pula perekonomian di Indonesia sendiri.

Sumber:
LKS Hayati kelas X

1 komentar: