Rabu, 02 Maret 2011

Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.(Wikipedia)

*Faktor –Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi:
Ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, namun pada hakikatnya faktor-faktor tersebut dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu faktor ekonomi dan faktor nonekonomi.
a. Faktor Ekonomi,
    Contohnya:
-          Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah factor utama dalam menentukan pertumbuhan ekonomi. Semakin sedikit SDA yang ada, semakin sedikit pula pertumbuhan ekonomi yang terjadi.

-          Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan. Karena dengan pemberdayaan SDM, kita dapat melakukan kerjasama dalam suatu perusahaan.

-           Sumber Daya Modal
Sumber daya modal adalah salah satu factor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi karena, jika kita tidak memiliki modal yang cukup, otomatis sebuah perusahaan akan mengalami kemunduran dan menyebabkan tingkat pengangguran bertambah.

-          Keahlian dan Kewirausahaan.
Keahlian dan kewirausahaan sangat dibutuhkan dalam pengembangan sebuah perusahaan. Karena dengan kita memiliki keahlian kita dapat mempunyai kekreatifitasyang tinggi. Begitu juga dengan kewirausahaan, sangat diperlukan dalam pengembangan sebuah perusahaan. Karena tanpa adanya kewirausahaan, sebuah perusahaan tidak akan berjalan dengan seharusnya.
*Faktor Non Ekonomi, Contohnya:
-          Sosial Kultur

-          Keadaan Politik


-          Kelembagaan dan Sistem yang Berlangsung



Pembangunan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nasional riil dan produktivitas. Factor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan ekonomi Negara-negara berkembang antara lain :
1. Modal (capital)
2. Tenaga kerja yang tersedia
3. Kekayaan alam (sumber daya alam ) riil
4. Teknologi dan wirausaha
5. Karakteristik social budaya masyarakat
6. Luasnya pasar
7. System perekonomian yang digunakan.
            ( WWW.ANA-EKONOMI.BLOGSPOT.COM )  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar