Jumat, 28 Januari 2011

Belajar Bisnis dari pebisnis sukses


Kalian mungkin sedikit heran. Mengapa saya kembali menulis tentang bisnis lagi. Tapi jangan salah! saya memang telah membuat artikel tenang bisnis secara mendetai pada artikel sebelumnya. Tapi kali ini, saya tidak akan menjelaskan kembali bisnis secara mendetail melainkan sedikit rangkuman dan tamabahan tentang materi bisnis. Namun artikel yang akan saya tulis ini adalah lebih kepada pengalaman pebisnis sukses agar bisa menjadi motivasi bagi para pemula bisnis.

*Untuk mengingatkan bisnis, pengertian bisnis seperti yang dibawah ini.
·         Bisnis adalah suatu kegiatan yang memprioritaskan seseorang untuk mendapatkan keuntungan.
·         Bisnis adalah suatu kata yang dapat didefinisikan dengan keuntungan, kesuksesan, dan kebahagiaan seseorang.

 *Macam-macam Bisnis
   
Bisnis terdiri dari bermacam-macam bentuk diantaranya:
   
1. Bisnis Online, adalah berbisnis yang menggunakan media internet untuk menjalankannya. Bisnis tersebut dapat lebih efektif dijalankan, jika seseorang yang berbisnis dapat mengetahui apa saja yang diperlukan dalam memulai berbisnis online.
    
      Bisnis online sebenarnya dapat lebih menekan biaya. Caranya dengan:

1. Hanya mengandalkan modem untuk internet serta computer atau laptop untuk menjalankannya. Atau jika ingin lebih menekan biaya lagi, anda dapat menggunakan laptop saja dan menggunakan fasilitas Wi-Fi yang tersedia di beberapa tempat. Seperti kampus, took buku, ataupun tempat makan.
  2. Memakai fasilitas gratis yang tersedia di internet untuk mempromosikan produk. Diantaranya dengan menggunakan freeblog dan akses jejaring sosial yang saat ini sedang diminati dan digandrungi para masyarakat. Cara ini terbukti cukup efektif dalam memikat customer. serta mendapat keuntungan yang cukup memuaskan

2. Bisnis Franchaise (waralaba), adalah bentuk kerjasama dimana pemberi waralaba (franchisor) memberikan ijjin/hak kepada  penerima waralaba (franchisee) untuk menggunakan hak intelektualnya seperti nama, merek dagang, produk /jasa, sistem operasi usahanya dalam jangka waktu tertentu.
  
    Berbeda dengan bisnis online, bisnis franchaise ini lebih kepada seseorang pengusaha yang memiliki modal yang cukup besar dalam menjalankan bisnisnya. Bisnis franchaise ini tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Asalkan kita berani untuk memainkan strategi bagaimana caranyasebuah produk baru dapat dikenal orang dengan mudah. Apalagi bisnis frainchaise ini lebih banyak digandrungi oleh para pebisnis baru yang ingin membuka restoran atau warung-warung jajan kecil-kecilan.
   contohnya: KFC
    
 
    *Keuntungan dan Kerugian berbisnis:
·         Keuntungan:
-          Dapat memperoleh keuntungan
-          Dapat memiliki kerabat baru
-          Dapat bertukar ilmu dengan pengusaha lain

·         Kerugian:
-          Difitnah oleh pesaing
-          Kalah tender (untuk perusahaan-perusahaan besar)
-          Dapat bangkrut mendadak

     * Upaya-upaya berbisnis
   
    Untuk memulai suatu bisnis, harus memiliki upaya-upaya yang harus dilakukan, yaitu   sebagai berikut:
-          Memiliki modal yang cukup untuk memulai berbisnis
-          Memiliki kemampuan atau skill yang memadai untuk memulai bisnis. Jika belum memiliki bekal atau kemampuan yang cukup tentang berbisnis, hendaklah anda mengikuti berbagai seminar tentang bisnis atau mengikuti workshop yang diadakan khusus untuk orang yang baru saja ingin memulai berbisnis.
-          Janganlah segan bertanya terhadap orang yang terlebih dahulu terjun kedunia bisnis. Karena dari merekalah salah satu pendukung kesuksesan anda dalam berbisnis.
-          Janganlah lupa meminta petunjuk dari allah S.W.T. karena pendukung paling besar adalah sang penguasa bumi tersebut. 

  
Setelah kita membaca rangkuman tentang berbisnis, ada baiknya jika kita mendengar sedikit pengalaman hidup para pebisnis sukses seperti Bob sadino dan Suyono. Dan berikut adalah biografi singkat serta pengalaman hidupnya.
   
1. Bob Sadino

   

     Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan.
Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.

Pekerjaan pertama yang dilakoninya setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya Rp.100. Ia pun sempat mengalami depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.

Suatu hari, temannya menyarankan Bob memelihara ayam untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik. Ketika beternak ayam itulah muncul inspirasi berwirausaha. Bob memperhatikan kehidupan ayam-ayam ternaknya. Ia mendapat ilham, ayam saja bisa berjuang untuk hidup, tentu manusia pun juga bisa.

Sebagai peternak ayam, Bob dan istrinya, setiap hari menjual beberapa kilogram telor. Dalam tempo satu setengah tahun, ia dan istrinya memiliki banyak langganan, terutama orang asing, karena mereka fasih berbahasa Inggris. Bob dan istrinya tinggal di kawasan Kemang, Jakarta, di mana terdapat banyak menetap orang asing.

Tidak jarang pasangan tersebut dimaki pelanggan, babu orang asing sekalipun. Namun mereka mengaca pada diri sendiri, memperbaiki pelayanan. Perubahan drastis pun terjadi pada diri Bob, dari pribadi feodal menjadi pelayan. Setelah itu, lama kelamaan Bob yang berambut perak, menjadi pemilik tunggal super market (pasar swalayan) Kem Chicks. Ia selalu tampil sederhana dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek.

Bisnis pasar swalayan Bob berkembang pesat, merambah ke agribisnis, khususnya holtikutura, mengelola kebun-kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia. Karena itu ia juga menjalin kerjasama dengan para petani di beberapa daerah.

Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Ia dan istrinya sering jungkir balik. Baginya uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang.

Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah ia lakukan. Kelemahan banyak orang, terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. “Yang paling penting tindakan,” kata Bob.

Keberhasilan Bob tidak terlepas dari ketidaktahuannya sehingga ia langsung terjun ke lapangan. Setelah jatuh bangun, Bob trampil dan menguasai bidangnya. Proses keberhasilan Bob berbeda dengan kelaziman, mestinya dimulai dari ilmu, kemudian praktik, lalu menjadi trampil dan profesional.
Menurut Bob, banyak orang yang memulai dari ilmu, berpikir dan bertindak serba canggih, arogan, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain.

Sedangkan Bob selalu luwes terhadap pelanggan, mau mendengarkan saran dan keluhan pelanggan. Dengan sikap seperti itu Bob meraih simpati pelanggan dan mampu menciptakan pasar. Menurut Bob, kepuasan pelanggan akan menciptakan kepuasan diri sendiri. Karena itu ia selalu berusaha melayani pelanggan sebaik-baiknya.

Bob menempatkan perusahaannya seperti sebuah keluarga. Semua anggota keluarga Kem Chicks harus saling menghargai, tidak ada yang utama, semuanya punya fungsi dan kekuatan.

selain itu, banyak juga penulis yang menulis buku tentang dirinya. salah satu judul bukunya adalah "BELAJAR GOBLOK dari BOB SADINO"


Karir :
-Karyawan Unilever (1954-1955)
-Karyawan Djakarta Lloyd, Amsterdam dan Hamburg (1950-1967)
-Pemilik Tunggal Kem Chicks (supermarket) (1969-sekarang)
-Dirut PT Boga Catur Rata
-PT Kem Foods (pabrik sosis dan ham)
-PT Kem Farms (kebun sayur)


2. Sriyono

    

    Mungkin sebagian dari anda ada yang telah mengetahui siapa itu yono. Yono, begitu namanya dipanggil,adalah pria berumur 57 tahun dan seorang mantan miliarder yang memulai usahanya dengan berjualan siomay. Siomay yang beliau jual mendapatkan keuntungan sekitar 2miliar perbulan. Namun karena suatu goncangan yang sangat dahsyat, usaha tersebut pun bangkrut. Beliau pun menjadi seorang tuna wisma serta ditinggal oleh istri dan anaknya. Kejadian itu pun membuat yono cukup terpukul.

Tapi itu tak membuat yono terlalu berlarut-larut dalam kesedihan. Ia pun kembali berjualan siomay sambil memikirkan strategi apakah yang cepat untuk memikat pelanggan. Kemudian ia teringat akan anak perempuannya yang sangat menyukai warna pink. Akhirnya yono pun mendapat ide bahwa ia akan berjualan dengan atribut serba pink. Mulai dari sepeda berwarna pink, panci warna pink, sepatu warna pink, topi, kaus kaki, jam tangan, baju, celana, kacamata, semuanya berwarna pink. Dan member nama siomay jualannya dengan nama “siomay yopink” yang artinya siomay yono pink.

Dalam hatinya pun timbul semangat kembali untuk membuka usaha. Dirinya yakin, kalau warna favorit anaknya tersebut dapat membawa keberuntungan olehnya. Namun, pada saat ia memulai menjajakannya, banyak sekali orang yang menanggapinya dengan omongan yang negative seperti
“kalau pagi jualan siomay, kalau malam mangkal ditaman lawang”.
Hal itu sempat membuat yono merasa kesal hati. Tapi ia tidak pantang menyerah. Karena ia yakin jika mau berusaha, pasti akan berhasil. Akhirnya kegigihannya pun membawa hasil yang cukup baik. Saat ini, yono pun dapat membuka warung siomay kecil-kecilan. Tentunya tidak meninggalkan ciri khasnya yaitu atribut serba pink pada warungnya tersebut.



2 contoh pengusaha sukses yang telah saya tuliskan diatas adalah sebagian kisah sukses para pebisnis yang menggambarkan kegigihan mereka untuk menjadi pebisnis sukses. Namun sebenarnya apa sajakah yang diperlukan oleh pebisnis? 

1. Motivasi
    Yang dimaksud dengan motivasi adalah dorongan atau keinginan kita untuk selalu berusaha menjadi   pebisnis yang sukses. Jika tidak ada dorongan yang timbul, percuma saja kita berusaha. Usaha yang akan kita jalankan menjadi mubazir. Karena tidak ada motivasi.

2. Tentukan jenis bisnis
     Jenis bisnis yang dimaksud ini ada banyak. Ada bisnis franchaise, atau bisnis online, atau membuka warung kecil-kecilan, semua tergantung dari diri anda sendiri. Dan melihat dari modal yang tersedia saat kita membuat usaha. Jangan malu untuk membuat usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Apabila usaha kecil-kecilan tersebut dapat memikat pelanggan, kita dapat memulai merintis untuk mengembangkan bisnis tersebut menjadi bisnis yang besar misalnya dengan membuka cabang.

3. Sesuaikan harga dengan kebutuhan yang ada
 Melanjutkan cara setelah menentukan jenis bisnis, adalah dengan menyesuaika harga yang sesuai dengan perekonomian usaha tersebut didirikan. Janganlah menjual barang-barang yang “brandit” pada daerah yang lingkungan kehidupan ekonominya menengah kebawah. Karena otomatis, pelanggan tidak banyak yang akan menjadi pelanggan tetap disana.

4. Strategi pemasaran
    Srategi pemasaran sangat diperlukan oleh seseorang pebisnis. Contohnya si penjual siomay yang memakai atribut serba pink. Atribut tersebut merupakan cara untuk dapat menarik perhatian pelanggan dan akhirnya membeli siomay tersebut.

5. Kreatifitas
    Sesorang harus terus kreatif dalam mempromosikan produknya. Terutama jika kita menjual produk makanan. Lama kelamaan konsumen akan jenuh dengan produk makanan yang itu-itu saja. Kita juga harus memikirkan atau mengkreasikan makanan baru yang dijual. Misalnya memakai resep lama tapi sedikit diubah dengan member tambahan sesuatu pada makanan. Atau mencoba berinovasi sendiri. Dengan begitu, konsumen tidak akan mudah jenuh. 

   setelah kita melihat apa saja yang diperlukan pebisnis dalam berusaha, ada baiknya jika kita dapat mempelajari juga cara untuk mempertahankan konsumen yang telah ada.

    setelah kita mempelajari juga seperti yang telah saya tuliskan diatas, ada kemungkinan pebisnis baru akan mengalami stres. untuk itu saya memiliki tips untuk semangat bekerja

   *Tips Semangat Kerja Tanpa Stress


     Bila anda tidak mencintai pekerjaan anda, maka cintailah orang-orang yang bekerja di sana. Rasakan kegembiraan dari pertemanan itu. Dan, pekerjaan anda pun jadi menggembirakan.

Bila anda tidak mencintai teman kantor anda, maka cintailah gedung dan suasana kantor. Ini akan memotivasi anda berangkat kerja dan melakukan pekerjaan kantor dengan lebih bersemangat.

Bila ternyata anda tidak bisa melakukannya, cintai perjalanan pulang pergi dari dan ke tempat kerja anda. Perjalanan yang menyenangkan akan menjadikan tujuan perjalanan atau kantor tampak menyenangkan.

Tapi jika anda pun tak menemukan kesenangan di perjalanan, cintai apapun yang bisa anda cintai dari tempat kerja anda. Bisa tanaman hias di meja kerja, barisan semut di dinding, atau burung-burung yang beterbangan di luar sana. Apa saja !

Jika tidak juga menemukan sesuatu yang bisa anda cintai dari kerja anda, kenapa anda masih di situ??? Cepat pergi dan carilah apa yang anda cintai, lalu bekerjalah di sana. Hidup cuma sekali. Tak ada yang lebih indah selain melakukan sesuatu dengan cinta yang tulus.


**semoga seluruh artikel yang saya tuliskan disini dapat bermanfaat bagi pembaca. maaf jika hasil yang saya tuliskan tidak memuaskan dan mungkin sedikit tidak berkaitan dengan judul. kritik dan saran anda dapat membangun kemampuan saya untuk menulis lebih baik lagi.



  Sumber:
- http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/12/biografi-bob-sadino-pengusaha-sukses.html
- majalah nova edisi januari 17-23 januari 2011
http://www.dexton.adexindo.com
- http://artikelmu.com/?p=13
- www.detikFoto.com



Sabtu, 25 Desember 2010

TEORI SINGKAT BISNIS ONLINE

BISNIS ONLINE
  
Dizaman sekarang ini sangat sulit untuk mencari uang. Hal itu disebabkan karena berbagai macam hal, contohnya, kurangnya lapangan pekerjaan, dan yang sedang booming saat ini, adalah krisis global yang disebabkan menurunnya perekonomian AMERIKA SERIKAT dan berimbas pada seluruh dunia.
Karena tuntutan hidup, kita harus tetap berusaha untuk mencari pekerjaan agar semua kebutuhan dapat terpenuhi. Namun, bagaimanakah caranya? Apa kita harus menunggu dan menunggu pekerjaan?? Tentu tidak. Ada salah satu solusi untuk meyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan cara Berbisnis secara Online. Pernahkah anda mendengar kata Bisnis online?? Tentu kebanyakan dari anda telah mendengar apa yang dimaksud dengan bisnis online tersebut. Terlebih diera globalisasi ini, Bisnis Online merupakan salah satu yang sering dibicarakan saat ini. Karena, kita dapat mengetahui bisnis online dari media-media elektronik, misalnya internet.

1. PENGERTIAN BISNIS ONLINE
             
     Diatas tadi, kita telah mendengar sekilas tentang Bisnis Online, namun apakah kalian tahu apakah pengertian bisnis online yang sebenarnya? Jika tidak, saya akan membantu memberitahukannya kepada anda secara lebih luas.
       Bisnis Online adalah bisnis yang menggunakan media internet sebagai sarana untuk menjalankan bisnis tersebut. Bisnis online juga merupakan bisnis yang mudah untuk bagi para pemula. Syaratnya hanya 1, dia harus bisa menggunakan media internet untuk berbisnis. Karena jika mereka tidak dapat menggunakannya, bisnis online tidak dapat berjalam. Namun, jangan khawatir bagi para pemula yang belum dapat menggunakan internet, karena penggunaan internet itu cukup mudah dan dapat dengan cepat dipelajari oleh para pemula.

2. KENAPA SEBAIKNYA MULAI BELAJAR INTERNET MARKETING & MELIHAT PELUANG 
    BISNIS ONLINE dari SEKARANG?
·           Semakin hari pengguna Internet semakin banyak. Ini berarti "pasar" di Internet semakin hari semakin tidak terbatas!
·         Tidak ada 'krisis global' di dunia Internet Marketing. Yang terjadi adalah kebalikan! Peluang usaha semakin banyak, dan bertambah setiap hari!
·            Internet Marketing atau bisnis online cukup dijalankan di rumah saja! Tidak kena macet, apalagi hujan-hujanan! :-)
·            Saat Anda paham betul dan menguasai ilmu Internet Marketing, Anda bisa jualan APA SAJA, dan KE  MANA SAJA, semau Anda... sesuka hati!
·            Di jaman sekarang, dan apalagi tahun-tahun mendatang, orang yang mampumenyatukan ILMU dengan TEKNOLOGI adalah mereka yang akan tampil sebagai pemenang. Mereka akan semakin maju dan semakin kaya! 

3. YANG HARUS DIPELAJARI DALAM BERBISNIS ONLINE
            Dalam berbisnis online, ada beberapa hal yang harus dipelajari terlebih dahulu. Penjabarannya sebagai berikut ini:
 - Pemasaran melalui media internet
 - 3 Prinsip dalam memulai bisnis online
 - Melalui Market Riset
 - Mengecek tingkat persaingan dan mengamati pesaing anda
 - Membuat toko online dengan website gratis
 - Menjual produk digital (produk digital apa saja yang bisa dijual)
 - Menawarkan jasa Online atau bisnis jasa anda
 - Membuat Blog gratis untuk memasarkan jasa anda
 - Membuat website komunitas
 - Ilmu-ilmu marketing, seperti internet marketing, search engine marketing dan
 - Join adventure

4. CARA PENGGUNAAN BISNIS ONLINE
            
           Cara penggunaan bisnis online cukup mudah. Anda cukup menyambungkan computer atau laptop anda dengan sebuah modem/mencari sinyal wireless. Kemudian anda dapat memasang strategi promosi diBLOG yang anda miliki, atau situs jejaring social yang saat ini sedang marak digunakan oleh berbagai penjuru dunia, contohnya: sebut saja FACEBOOK. diFACEBOOK kita dapat melakukan promosi dengan cara membuat group dengan nama dan profile picture yang menarik untuk kesan pertama, serta caption atau keterangan yang membuat calon konsumen tertarik untuk melihat group anda. Lalu upload barang-barang atau produk yang ingin kalian tawarkan kepada calon konsumen agar mereka menjadi tahu apa yang kita jual.

5. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN DAMPAK BERBISNIS ONLINE:
   * Keuntungannya:
     - Dapat memperoleh keuntungan yang besar
     -Dapat belajar secara langsung dan memperoleh ilmu untuk menjalankan usaha.
  - Dapat memiliki banyak kerabat dalam berbisnis.
    - Dapat dengan mudah mengawasi kelangsungan bisnis hanya dengan mengandalkan internet dan computer atau laptop.

       *  Kerugiannya:
         - Dapat terjadinya penipuan dalam pembayaran.
        - Terkadang ada konsumen yang sudah memesan barang tetapi tidak jadi, tapi kita sudah terlanjur untuk memesannya dari luar negeri. Barang yang telah kita beli tersebut menjadi sia-sia dan membuang biaya yang cukup besar.
         - Dapat terjadinya penyedotan dana rekening, akibat pencantuman no rekening di iklan.
  
    Bisnis yang ditawarkan tidak hanya produk-produk baju, sepatu dan sebagainya, tetapi juga dalam pemesanan tiket pesawat atau travel.   

6. Contoh-contoh nama usaha bisnis online:

* Dalam blog
     Bentuk Bisnis Onlin dalam blog, biasanya memerlukan biaya dalam mempromosikannya. Tapi, jika anda memiliki blog sendiri dan anda memakai blog yang “free” anda dapat dengan mudah mempromosikannya tanpa harus terkena biaya.

Contohnya sebagai berikut:





 * Dalam Facebook
     Bentuk Bisnis Online dalam facebook(jaringan sosial lainnya) biasanya terdapat dalam suatu grup. Didalam grup tersebut berisi penjelasan atau informasi singkat, produk apakah yang akan kita jual kepada konsumen. Dan juga biasanya jika mereka mengeluarkan produk baru, mereka akan mengupload foto barang tersebut beserta penjelasannya secara detail dan menyeluruh. Termasuk harga dan kualitas produk.
Cara mempromosikannya sangat mudah. Anda hanya perlu menganalisis, siapakah target bisnis anda, mulai dari teman-teman dekat anda hingga teman-teman di facebook pribadi anda.

Contohnya sebagai berikut:  




  


* Dalam iklan / website








* Lainnya:

  
       
      Jadi kesimpulannya adalah, bisnis online dapat menjadi solusi terbaik untuk anda yang membutuhkan tambahan pemasukan dengan cara berusaha, tentunya dengan cara yang lebih mudah dan efisien. Jadi apa lagi yang anda tunggu?? segeralah mencoba usaha dengan BERBISNIS ONLINE.



Sumber:
- Baby Mall Online shop
- handbag store
- gravel in ready new 2
- hee shop

  


Minggu, 28 November 2010

tugas Pengantar Bisnis part II

Franchise

Saat ini, semua orang selalu berusaha untuk meningkatkan taraf hidup mereka agar menjadi lebih baik. Namun apakah yang biasanya mereka lakukan untuk dapat memperbaikinya? Jawabannya adalah berusaha untuk bekerja serta dibantu dengan berdoa. Tapi, dizaman sekarang ini, masyarakat selalu menginginkan cara-cara yang sangat menjanjikan dan cepat untuk dapat sukses dan tentunya meningkatkan taraf hidup mereka. Sebut saja salah satunya yaitu bisnis franchise. Sangat sering sekali pengusaha sukses karena  usaha secara franchising. Tapi, apakah kalian tau, apa sebenarnya yang dimaksud dengan franchasing tersebut??. Tentu banyak yang bertanya-tanya. Dalam arti singkat, franchise adalah sebuah usaha yang dibuat untuk digunakan bersamaan dengan barang lain. Serta keuntungan yang dihasilkan relative lebih banyak, daripada usaha-usaha lainnya. Definisi franchase, dapat anda lihat dibawah ini.

   1. Definisi franchaise(waralaba)
Franchise yang dalam bahasa Indonesia berarti waralaba adalah bentuk kerjasama dimana pemberi waralaba (franchisor) memberikan ijjin/hak kepada penerima waralaba (franchise) untuk menggunakan hak intelektualnya seperti nama, merek dagang, produk /jasa, sistem operasi usahanya dalam jangka waktu tertentu. Namun menurut pemerintahan Indonesia, franchise tersebut adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada konsumen akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu serta meliputi area tertentu.

    2. Sejarah franchise
       Waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer, yaitu seorang pembuat mesin jahit dan ide itu muncul, ketika dirinya ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Walaupun usahanya tersebut ternyata gagal, namun dialah yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di Amerika Serikat. Kemudian, caranya ini diikuti oleh pewaralaba lain yang  menjadi lebih sukses daripada Isaac Singer,  yaitu John S Pemberton,  pendiri Coca Cola. Namun, menurut sumber lain, yang mengikuti Singer kemudian bukanlah Coca Cola, melainkan sebuah industri otomotif AS, General Motors Industry ditahun 1898.
Waralaba saat ini lebih didominasi oleh waralaba rumah makan siap saji. Kecenderungan ini dimulai pada tahun 1919 ketika A&W Root Beer membuka restauran cepat sajinya. Pada tahun 1935, Howard Deering Johnson bekerjasama dengan Reginald Sprague untuk memonopoli usaha restauran modern. Gagasan mereka adalah membiarkan rekan mereka untuk mandiri menggunakan nama yang sama, makanan, persediaan, logo dan bahkan membangun desain sebagai pertukaran dengan suatu pembayaran. Dalam perkembangannya, sistem bisnis ini mengalami berbagai penyempurnaan terutama di tahun l950-an yang kemudian dikenal menjadi waralaba sebagai format bisnis (business format) atau sering pula disebut sebagai waralaba generasi kedua. Perkembangan sistem waralaba yang demikian pesat terutama di negara asalnya, AS, menyebabkan waralaba digemari sebagai suatu sistem bisnis diberbagai bidang usaha, mencapai 35 persen dari keseluruhan usaha ritel yang ada di AS. Sedangkan di Inggris, berkembangnya waralaba dirintis oleh J. Lyons melalui usahanyaWimpy and Golden Egg, pada tahun 60-an. Bisnis waralaba tidak mengenal diskriminasi. Pemilik waralaba (franchisor) dalam menyeleksi calon mitra usahanya berpedoman pada keuntungan bersama, tidak berdasarkan SARA

     3. Perkembangan Franchise di Indonesia

Di Indonesia, franchise mulai dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan munculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi. Perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an, yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus, yaitu franchisee tidak sekedar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya. Namun Bisnis fraichaise di Indonesia tersebut mulai marak pada sekitar tahun 1970an dengan bermunculannya restaurant-restaurant cepat saji (fast food) seperti Kentucky Fried chiken dan Pizza Hut. Hingga tahuhn 1992 jumlah perusahaan waralaba di Indonesia mencapai 35 perusahaan, 6 di antaranya adalah perusahaan waralaba lokal dan sisanya (29) adalah waralaba asing.
Saat ini di Indonesia berkembang dua jenis waralaba yaitu :
 1) Waralaba produk dan merek dagang yaitu pemberian hak izin dan pengelolaan dari franchisor kepada penerima waralaba (franchisee) untuk menjual produk dengan menggunakan merek dagang dalam bentuk keagenan, distributor atau lesensi penjualan. Franchisor membantu franchisee untuk memilih lokasi yang aman dan showroom serta menyediakan jasa orang untuk membantu mengambil keputusan “do or not” .
2) Waralaba format bisnis yaitu sistem waralaba yang tidak hanya menawarkan merek dagang dan logo tetapi juga menawarkan sistem yang komplit dan konprehenship tentang tatacara menjalankan bisnis. Jenis waralaba yang banyak berkembang di Indonesia saat ini adalah jenis waralaba format bisnis.

     4. Jenis-Jenis Franchise
      Franchise dapat dibagi menjadi dua:
   §  Frainchise luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi dan mampu bersaing hebat.
   §     Franchise dalam negeri, juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup.
 
     5. Ciri-Ciri Franchise
           -          Franchistor yang menawarkan paket usaha.
        -          Franchisee yang memiliki unit usaha (outlet) yang memanfaatkan paket usaha milik   franchisor.
        -          Adanya kerjasama antara franchisor dan franchisee dalam hal pengelolaan unit usaha.
        -          Adanya kontak tertulis yang mengatur kerjasama.

     6. Biaya Franchise
            Biaya Franchise meliputi:
 §         Ongkos awal, dimulai dari Rp. 10 juta hingga Rp. 1 miliar. Biaya ini meliputi pengeluaran yang   dikeluarkan oleh pemilik waralaba untuk membuat tempat usaha sesuai dengan spesifikasi franchisor dan ongkos penggunaan HAKI.
 §         Ongkos royalti, dibayarkan pemegang waralaba setiap bulan dari laba operasional. Besarnya ongkos royalti berkisar dari 5-15 persen dari penghasilan kotor. Ongkos royalti yang layak adalah 10 persen. Lebih dari 10 persen biasanya adalah biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran yang perlu dipertanggungjawabkan.

 

 

    

        7. Syarat-syarat untuk membangun franchaise

        Ada beberapa syarat untuk dapat sukses dengan frainchaise. Syarat- syarat tersebut tentunya sangat berguna untuk kepentingan orang yang ingin melakukan bisnis frainchaise. Dibawah ini terdapat syarat-syarat untuk membangun frainchaise:

  - Memiliki Keunikan: sehingga dapat membuat konsumen tertarik untuk dapat mengkonsumsi barang atau produk tersebut

   - Terbukti telah berhasil: sudah ada seseorang frainchaising yang telah terlebih dahulu sukses dalam usaha tersebut.

   - Standard: terbukti sesuai standard yang ada pada Negara tersebut, agar konsumen lebih   puas dalam penggunaan produk tersebut.

   - Dapat diajarkan/diaplikasikan: produk dapat diterapkan juga pada pengaplikasian dengan  produk lainnya, sehingga sesame pewaralaba dapat saling menguntungkan.

   - Menguntungkan: adalah salah satu factor mengapa usaha ini harus dijalankan. Karena telah terdapat banyak bukti kalau seorang fraichaising mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. 

   8. Istilah-istilah dalam franchise

Selain pengertian waralaba, perlu dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan franchisor dan franchisee.
§         Franchisor atau pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
Franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.
Selain itu, ada juga istilah lain yaitu franchising. Frainchaising adalah aktivitas sitem pewaralaba.
Hubungan kerjasama antara franchisor dan francisee merupakan aspek yang sangat kritikal dalam waralaba. Sukses keduanya tergantung kepada sinerji dari hubunga kedua belah pihak tersebut. Dibawah ini digambarkan salah satu bentuk hubungan franchisor dan franchisee sebagai berikut :
            A. Model Sub-Franchising
                       
             


            B. Model Master Franchising
           
                            

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa bisnis waralaba mengandalkan pada kemampuan mitra usaha dalam mengembangkan dan menjalankan kegiatan usaha franchise melalui tatacara, proses serta suatu “Code of Conduct” dan sistem yang telah ditentukan oleh perusahaan pemberi frainchaise
Berikut ini adalah contoh-contoh bisnis franchaise :
 1. Dunkin n Donuts
     

 2. Hard Rock CafĂ©
    

 3. Circle K
      

 4. Burger King
     

 5. KFC

      
     

 6. Hilton


     

 7. Baskin Robbins



Bagi para pemula, bisnis franchaise tersebut dapat dipelajari melalui pengusaha yang sukses dan tentunya sudah banyak pengalaman. Sehingga dalam melakukan usaha awal, kita mempunyai gambaran akan kesulitan dan hambatan apa saja yang akan dihadapi. Masalah sekecil apapun, didalam berbisnis frainchase, harus segera di atasi. Apabila tidak, maka masalah tersebut akan menjadi masalah yang besar. Karena dalam berbisnis franchise tersebut bukanlah hal  mudah, tetapi juga bukan hal yang tidak bisa ditaklukan oleh seseorang yang ingin sukses dalam bidang ini. Untuk itu kita harus semangat dalam memulai usaha bisnis franchise. Karena dengan semangat dan niat yang baik, semua yang kita rencanakan, pasti akan berjalan dengan sebaik-baiknya.

                    -   http://www.smecda.com/deputi7/file_Infokop/WARALABA-W.htm